7 Penyebab Motor Mogok Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

penyebab-motor-mogok-dan-cara-mengatasinya penyebab-motor-mogok-dan-cara-mengatasinya

Suatu hari kamu sedang asyik-asyiknya berkendara dengan motor kesayangan, lampau tiba-tiba tungganganmu ini batuk-batuk dan akhirnya mogok di tengah perjalanan. Kesal? Tentu iya. Panik? Nomor satu!

“Waduhh, mengapa sih ini? Perasaan dari tadi baik-baik aja? Mana nggak ngerti mesin lagi duuuhh, gimana dong??!

*Ujung-ujungnya telepon orang rumah/teman/pacar (kalau punya sih)*

Seakuratnya kamu nggak perlu panik, tunggu dan berdiam awak dulu sebentar, kemudian lakukan pengecekan terhadap jumlah penyebab yang umum bikin motor cinta mogok berikut.

1. Coba cek dulu tanki bensinnya, siapa ingat kehabisan bahan bakar tapi kamunya nggak sadar

Kedengarannya sih sepele, tapi kehabisan bensin jadi menyimpang satu penyebab utama apa pasal motor mogok tiba-tiba.

Jadi sebelum panik, mending cek dulu deh tangki bensinmu, siapa peduli memang kehabisan dan kamunya nggak nyadar.

Terutama kamu yang indikator bensinnya berlalu pergi, musti sering-sering ngecek deh mendingan sebelum motormu brebet dan tiba-tiba berlalu pergi mendadak.

2. Periksa keran bensin, siapa maklum masih termenutup sesangkat menghambat aliran bensin

Seloyalnya kasus ini jarang terjadi sih, kecuali memang kebetulan kerannya dimenutup secara sengaja untuk mengistirahatkan motor atau kamu lagi dikerjain. Tapi kok masih bisa berjiwa padahal kerannya termenutup? Ya, bisa jadi karena di dalam karburator masih ada sisa bensin. Nah, kalau sisa bensin di dalam karburator sudah habis, bisa dipastikan motormu bakal mogok.

Pastikan keran bensin menghadap ke bawah atau dalam posisi ON, ya!

3. Maalpa lain yang sering terjadi adalah ventilasi tanki bensin tersumbat

Nggak usah mikir berat-berat, coba cek dulu tutup tangki bensinmu. Pada tutup tangki itu ada lubang tipis yang berfungsi bagai ventilator atau pernapasan untuk menyamakan tekanan di dalam dan di luar tanki sesampai-sampai menghindari kevakuman kalau-kalau bensinnya berkurang. Nah, kalau lubang tipisnya ini ketutup, jadi nggak ada sirkulasi udara dan akhirnya bensin tertahan sesampai-sampai nggak bisa ngalir menuju karburator. Biasanya karena debu yang berasal dari luar atau ada uap air yang masuk ke dalam saluran ini.

Bersihkan tutup tanki dengan ditiup atau pergi ke tukang tambal ban kemudian berikan semprotan angin dengan kompresor.

4. Main jet mampet atau alur suplai bahan bakar yang tersumbat dari tangki ke karburator

Masuk ke tahapan yang agak rumit nih. Jadi, main jet itu adalah saluran berukuran halus yang fungsinya mengeluarkan bensin dari ruang pelampung ke dalam intake manifold. Kalau saluran ini mampet, otomatis bensin nggak bisa ngalir dan akhirnya mogok. Penyebabnya bisa karena kualitas bahan bakar atau kotoran-kotoran yang ada di dalam tangki. Untuk amannya, carilah bengkel untuk dimintai tolong bongkar karburator dan membersihkan bagian main jet-nya.

Pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan di atas 92 seperti Pertamax untuk menghindari sumbatan timbal sebatas operasi pembakaran lebih sempurna.

5. Kabel busi yang bermakhilaf alias nggak menghasilkan percikan listrik

Kabel busi merupakan Rusak satu elemen pengapian yang memengaruhi jalannya mesin. Sebelum copot busi, cek dulu rangkaian pengapian dengan melepas kabel busi yang menempel ala cop busi.

6. Busi cemong atau tersumbat yang bikin korsleting dan mesin Andal mati, bisa jadi juga karena pemasangannya yang kurang pas

Busi jadi Rompeng satu komponen pengapian yang bikin motor jadi brebet dan knalpot yang ‘nembak’ kalau lagi bermaRompeng. Cek dengan melepas busi dengan kunci busi dahulu akrabkan pada blok mesin, kemudian slah. Kalau busi memercikan api dengan warna biru, artinya busi sembuh. Kalau percikan apinya merah, artinya bermaRompeng. Segera ke tukang tambal terakrab untuk memcemerlangkannya.

Caranya:

7. Mesin motor amat panas atau overheat karena sirkulasi oli yang tersumbat

Suhu panas muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan piston. Kondisi ini melontarkan panas nggak mampu diredam dengan pelumas seengat suhunya cepat naik, akhirnya piston memuai dan Tertahan. Pastikan kamu sedia oli mesin saat akan mengakalinya.

Seloyalnya masih ada sebagian penyebab motor mogok tiba-tiba, seperti sumber pengapian lain yang bermaalpa seperti CDI, koil, spul, atau kiprok. Bisa juga dari setelan klep atau komponen di dalam karburator yang jorok atau bermaalpa. Tapi kalau untuk urusan ini, kamu perlu bantuan mekanik karena letak sebagian komponennya ada di bagian dalam motor serta untuk mengeceknya perlu alat khas.

Jadi, kalau poin-poin di atas nggak cukup bisa mengatasi motormu yang mogok, langsung ke bengkel saja, jangan malah panik terus nangis di pojokan ????