Apa itu Monkey Business Dan Apa Dampaknya

ilustrasi monkey business ilustrasi monkey business

Berbicara mengenai Monkey business yang cukup asing, mungkin banyak orang akan salah mengartikannya. Mungkin saja beberapa orang akan menganggap sebagai suatu skema bisnis berjualan hewan monyet yang tentunya tidak benar. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dengan monkey business beserta dampak yang diakibatkannya.

Berkenalan dengan Monkey Business

Monkey business jika diartikan memang mempunyai arti bisnis monyet. Namun pada dasarnya bisnis ini tidak berhubungan dengan monyet seperti bisnis topeng monyet atau menjual hewan monyet.

Monkey business merujuk pada cara seseorang dalam menipu orang lain supaya menggunakan jasa atau membeli produknya dengan harga yang tidak wajar dengan iming-iming hadiah atau keuntungan. Padahal jasa atau produk tersebut bisa saja diperoleh dengan harga yang sebenarnya sangat murah bahkan gratis.

Singkatnya monkey business bisa diartikan sebagai sebuah strategi bisnis dengan tujuan utama untuk merugikan orang lain dengan cara meningkatkan keuntungan diri sendiri meski dengan cara menipu. Hal ini tentunya sesuai dengan sikap yang dimiliki oleh hewan monyet yang saat sudah mendapatkan keuntungan seperti makanan dia akan kabur atau melarikan diri.

Inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa namanya adalah monkey business. Untuk itulah strategi atau bisnis ini termasuk bisnis kotor yang tidak boleh dilakukan dan harus dihindari.

Apalagi jika Anda muslim, pastinya Anda paham jika Monkey Business dalam islam adalah haram dan tidak berkah karena bisnis tersebut termasuk tindak penipuan atau bohong. Umumnya bisnis ini akan ditandai dengan naiknya suatu jasa atau barang secara tiba-tiba dengan tidak wajar.

Selain itu bisnis ini biasanya tidak mempunyai umur yang panjang. Hal ini karena jasa atau barang yang ditawarkan oleh bisnis ini tidak mempunyai kekuatan untuk mempertahankan nilainya.

Misalnya saja seperti batu akik Apabila ada Monkey business yang berumur panjang biasanya terdapat kepercayaan atau mitos yang menyertainya. Contoh Monkey business di Indonesia yang cukup terkenal yaitu tanaman janda bolong.

Jadi, tanaman janda bolong dijual dengan harga selangit yang tidak masuk akal. Kasus yang paling baru dari monkey business adalah penimbunan masker ditengah wabah Corona . Singkatnya  skema bisnis yang satu ini digunakan dengan tujuan menarik orang supaya berinvestasi di bisnis atau investasi ilegal.

Dampak Monkey Business

Salah satu dampak nyata dari Monkey business adalah kerugian. Hal ini adalah sesuatu yang sangat jelas dan pasti dialami oleh para korban bisnis ini. Bagaimana tidak merugi mereka dengan yakin dan percaya menginvestasikan uangnya untuk membeli barang yang harganya selangit dengan harapan bisa dijual lagi dengan harga yang lebih mahal.

Dengan begitu mereka bisa mendapatkan keuntungan. Namun pada kenyataanya mereka malah merugi karena ketika mereka ingin menjualnya barang tersebut tidak laku atau sudah kehilangan nilainya. Seperti yang telah kita singgung sebelumnya jika barang-barang yang dijual dibisnis ini tidak memiliki kemampuan mempertahankan nilainya.

Hal ini karena pada dasarnya barang-barang tersebut bisa dengan mudah kita dapatkan dengan harga yang murah atau gratis. Selain masalah barang ada juga korban Monkey Bussines yang uangnya hilang karena dibawa kabur dan lain sebagainya.

Untuk itulah sebisa mungkin Anda harus menghindari bisnis seperti ini supaya terhindar dari dampak kerugian tersebut.  Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari bisnis sejenis ini:

  1. Jangan Serakah

Kunci utama supaya terhindar dari penipuan Monkey business adalah tidak serakah. Hal ini karena penawaran keuntungan yang biasanya diberikan oleh bisnis ini lebih besar daripada bisnis atau investasi pada umumnya. Inilah yang kemudian menjadi alasan utama banyak orang tergiur mengikutinya.

Untuk itulah, Anda bisa mencoba untuk tidak serakah dan  tidak mudah tergiur.  Dengan begitu Anda bisa berfikir lebih jernih, berhati-hati dan mempelajari lebih dahulu bisnis atau investasi yang ditawarkan pada Anda.

  1. Hindari Investasi yang Tidak Ada Nilainya

Saat ini banyak sekali investasi yang menjanjikan keuntungan namun tidak berupa uang melainkan berupa poin. Biasanya poin tersebut akan diklaim oleh pihak perusahaan dengan nilai yang cukup tinggi. Sebagai contoh 1 poin bernilai 10 dolar. Nah apabila ada penawaran seperti itu pastikan untuk tidak tergiur lebih dahulu.

Hal ini karena saat uang Anda di convert menjadi poin tersebut belum tentu nantinya dapat kembali ke bentuk tunai lagi. Padahal Anda maupun keluarga tidak memerlukan poin namun uang tunai untuk membiayai hidup dan makan

  1. Jangan Tergiur Dengan Iming-Iming Keuntungan Di Masa Depan

Monkey business biasanya akan mengiming-iming para calon korbannya atau anggotanya dengan berbagai keuntungan di masa yang akan datang. Tak jarang oknum tersebut hanya menjual harapan saja dan bukan kenyataan.

Jika sudah seperti ini sepatutnya Anda menjadi lebih waspada. Hal ini karena tidak ada satu bisnis atau investasi pun yang benar-benar mampu menjamin keuntungan yang tidak masuk akan di masa depan.

Demikianlah pembahasan mengenai monkey business dan dampaknya. Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan jika pada dasarnya semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan. Meski begitu tidak baik jika keuntungan tersebut diperoleh dari hasil menipu orang. Sebaliknya sebagai masyarakat yang cerdas ada baiknya kita bisa lebih waspada pada bisnis atau investasi yang tidak jelas seperti Monkey Business.