Biaya Servis Kompresor AC Mobil Sesuai Penyebab Kerusakannya

gambar tersebut menyebutkan tentang biaya servis kompresor ac mobil gambar tersebut menyebutkan tentang biaya servis kompresor ac mobil

Biaya Servis Kompresor AC Mobil Sesuai Penyebab Kerusakannya

Jika kabin terasa tidak dingin, maka pemilik kendaraan wajib melakukan pengecekan dan langkah servis kompresor AC mobil di bengkel terdekat. Sebab, masalah pada kompresor AC mobil ini harus ditangani segera. Jika tidak, maka akan berakibat fatal. Salah satunya adalah kompresor tidak normal atau penggantian komponen kompresor karena tidak bisa digunakan kembali.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda wajib tahu perkiraan biaya servis pada komponen kompresor AC mobil. Sebab, bengkel-bengkel nakal ini mematok harga dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan bengkel mobil terpercaya. Apabila kompresor AC mobil Anda rusak, maka Anda disarankan untuk langsung membawanya ke bengkel Mobil selaku tempat servis kompresor AC terpercaya di Indonesia.

Penyebab-Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil

Ada beberapa penyebab utama yang dapat membuat kompresor AC mobil Anda rusak. Jika tidak ditangani segera, maka akan berakibat fatal hingga Anda harus mengganti unit karena kompresor AC mobil tidak dapat digunakan kembali. Maka dari itu, inilah penyebab utama yang membuat kompresor AC mobil rusak. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Kelebihan dan Kekurangan Gas Freon

Penyebab kompresor AC mobil rusak ini bisa saja disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan gas freon. Jika kadar gas freon berlebih, maka kompresor AC mobil akan dipaksa bekerja keras.

Sehingga, lambat laun fungsi kompresor akan melemah. Jika kadar gas freon kurang, maka kompresor AC mobil akan cepat panas dan merusak komponen thrust bearing AC mobil.

  1. Kehabisan Oli Kompresor AC

Penyebab kedua adalah kehabisan kadar oli kompresor AC. Peran oli kompresor AC mobil ini sangat penting. Jika sampai oli habis, maka komponen kompresor AC mobil akan mengalami keausan dan berkarat. Akibatnya, kompresor AC mengalami kerusakan. Biaya servis kompresor AC mobil yang disebabkan oleh habisnya kadar oli ini cukup mahal.

  1. Rusaknya Kipas AC Mobil

Penyebab ketiga adalah adanya kerusakan pada kipas AC mobil. Jika kipas AC mobil tidak berfungsi dengan baik, maka kompresor tidak dapat bekerja secara maksimal untuk menyediakan suhu dingin yang nantinya ditampung pada evaporator.

  1. Kompresor AC Bocor

Dan penyebab terakhir adalah adanya kebocoran di bagian kompresor AC mobil. Kebocoran ini menyebabkan gas freon yang diolah tidak dapat tersalurkan menuju evaporator maupun blower AC mobil. Akibatnya, kabin mobil tidak dapat dingin karena komponen kompresor mengalami kerusakan parah.

Perkiraan Biaya Servis Kompresor AC Mobil Sesuai dengan Penyebab Kerusakannya

Jika Anda merasa bahwa kabin mobil tidak terasa dingin, maka Anda disarankan untuk segera membawa ke bengkel mobil terpercaya. Namun sebelum itu, ketahui pula perkiraan biaya-biaya servis komponen kompresor sesuai dengan penyebab kerusakannya.

Pertama, biaya yang dibutuhkan untuk servis bagian kompresor AC yang mengalami kebocoran ini sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 750.000 (tergantung jenis kerusakannya). Jika hanya penyok atau bocor beberapa cm saja, maka kompresor masih bisa digunakan kembali. Akan tetapi, Anda wajib mengganti kompresor AC mobil baru jika adanya lubang di bagian tertentu. Harga penggantian unit ini mencapai Rp 1.000.000 hingga Rp. 3.000.000 (tergantung jenis dan merk mobil yang digunakan).

Kedua, biaya yang dibutuhkan untuk pengisian ulang freon AC mobil guna mencegah kerusakan pada kompresor. Biaya yang dibutuhkan untuk pengisian ulang gas freon di bengkel mobil terpercaya ini berkisar sekitar Rp. 250.000 (single AC) hingga Rp. 350.000 (double AC).

Jika kadar oli kompresor AC mobil telah habis, maka perkiraan biaya penambahan oli ini berkisar Rp. 275.000 hingga Rp. 300.000 (tergantung merk mobil). Untuk penggantian komponen dan penambahan gas freon maupun oli kompresor ini harus dilakukan oleh montir berpengalaman. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengunjungi Bengkel terdekat guna pengecekan kondisi kompresor AC dan langkah servis yang dibutuhkan jika kabin mobil terasa tidak dingin.