Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel Dengan Benar

gambar tersebut menjelaskan tentang cara menghaluskan suara mesin mobil diesel gambar tersebut menjelaskan tentang cara menghaluskan suara mesin mobil diesel

Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel Dengan Benar

Dari sekian banyaknya cara menghaluskan suara mesin mobil diesel, tune up merupakan salah satu solusi yang sangat ampuh dan terbukti. Namun, selain melakukan tune up ada beberapa cara lain yang mungkin bisa dicoba. Daripada penasaran, yuk simak ulasan dibawah ini!

Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel

Seiring perkembangan teknologi, mobil keluaran terbaru dibuat sedemikian rupa sehingga terasa jauh lebih apik. Akan tetapi, suara khas mesin diesel tetap saja masih terdengar, apalagi bila perawatan mobil terbilang minim. Untuk menghaluskan suara mesin, Kamu dapat melakukan beberapa cara berikut:

  1. Menggunakan peredam audio

Para instalatur audio mobil biasanya menggunakan peredam kabin untuk membuat suara lebih senyap pada ruang kabin. Terdapat banyak jenis peredam ini, yang paling sering dipakai adalah peredam yang disemprot atau ditempel pada plat body berupa lembaran-lembaran.

Sebenarnya, cara ini bukanlah solusi terbaik karena bukan memperbaiki sumber masalah. Menggunakan peredam hanya berfungsi untuk meredam suara saja. Akan lebih bagus jika Kamu memperbaiki secara langsung pada bagian yang mengalami kendala.

  1. Mencari sumber suara

Seperti yang sudah diketahui bahwa cara pertama bukan langkah memperbaiki. Jika Kamu ingin memperbaiki masalah, maka yang harus dilakukan adalah mencari sumber suara. Misal, Kamu dapat memeriksa jalur propeller shaft jika mobil yang digunakan bermesin diesel dengan penggerak roda belakang.

Melalui celah yang terdapat pada sambungan plat body, biasanya bunyi kasar sering terdengar hingga ke dalam kabin. Atau bisa jadi karena suara yang berasal dari putaran as kopel tidak terhalang karena tipisnya plat body.

Dengan demikian, bila Kamu sudah mengetahui sumber masalah maka langkah selanjutnya adalah menentukan solusinya. Tentu akan jauh lebih mudah pasalnya Kamu bisa menyesuaikan penanganan mobil, apakah harus di service, mengganti part, atau tune up secara keseluruhan.

  1. Melakukan tune up

Berbagai sumber permasalahan pada mobil bermesin diesel bisa disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel. Selain mengganggu kinerja mesin, timbunan kotoran ini juga bisa menjadi penyebab munculnya suara kasar pada mesin.

Tune up adalah solusi terbaik untuk kendala ini. Tapi perlu diperhatikan bahwa Kamu tidak boleh melakukan tune up asal-asalan atau membawa mobil ke sembarang bengkel. Sebaiknya lakukan tune up oleh orang-orang ahli dan berpengalaman seperti di bengkel atau dealer resmi.

  1. Mengganti oli

Oli yang sudah lama tidak diganti bisa menimbulkan suara yang cukup mengganggu. Hal ini dikarenakan adanya gesekan dari kandungan logam pada oli dan mesin. Alhasil, pelumasan pun jauh dari kata sempurna dan beresiko merusak komponen mesin lainnya. Oleh karen itu, Kamu harus secara rutin mengganti oli mobil.

Untuk kasus yang lebih parah, kotoran pada mesin yang terlalu banyak biasanya sulit dikeluarkan dengan cara biasa. Proses cuci darah mobil menjadi opsi terbaik karena mampu mengeluarkan semua kotoran yang menempel.

Sayangnya, Kamu tidak dapat melakukan cuci darah mobil karena memang memerlukan peralatan canggih. Jika kondisi ini menimpa mobil kesayanganmu, Kamu harus membawa mobil ke bengkel yang memiliki peralatan memadai untuk melakukan cuci darah hingga kondisi mobil 100 persen bersih.

Nah, itulah beberapa cara menghaluskan suara mesin mobil diesel yang harus diketahui. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan merawat mesin agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya untuk Kamu yang mengalami masalah serupa.