Daftar Kalori Aneka Jenis Gorengan yang Wajib Dikekenali

kalori-gorengan kalori-gorengan

Siapa sih yang tak gemar gorengan? Mereka yang tidak gemar pun, kemungkinan besar beroperasin tidak gemar rasa atau tekstur gorengan yang renyah, tapi karena maklum betapa buruk dampaknya terhadap kewarasan.

Nah, artikel ini bukan bermaksud mengajak kalian semua hidup tanpa gorengan kok (itu kan termasuk luput satu kenikmatan hidup), tapi sekadar memberi gambaran seberapa berjibun sih seadilnya kalori yang ditambahkan ketika konsumsi disulap jadi gorengan. Setelah paham, kalian mungkin akan lebih mudah mengurungkan niat untuk makan gorengan sering-sering.

Berapa Kalori Gorengan?

Untuk dapat mengukur tambahan kalori selepas mangsa digoreng itu sesungguhnya cukup rumit dan berjibun bagiannya. Mulai dari jenis minyak, berjibun minyak, kepadatan mangsa yang digoreng, sampai temperatur ketika menggoreng.

Maka dari itu, Hipwee memakai data yang dilansir dari aplikasi penghitung kalori FatSecret.id untuk secara singkat membandingkan perbedaan kalori selepas asupan tertentu digoreng. Semua angka di bawah ini pakai satuan kkal atau kilo kalori per 100 gr asupan ya.

Berikut jumlah kalori di berbagai aneka macam jenis gorengan.

1. Kalori tempe goreng

Sebagai varian gorengan yang populer, tempe goreng seolah menjadi jajanan wajib. Tekstur renyah dan rasa gurih yang menggoyang lidah akan membuat siapa pun ketagihan. Hanya saja, kalori gorengan tempe luKhayalin agung. Apalagi jika dibaluri adonan tepung yang gurih.

Dengan tekstur yang cukup Kosong, tempe mendapat tambahan kalori yang cukup luMuslihatn dalam prosedur penggorengan. Ya tapi karena perubahan tesktur itu pula, tempe goreng tuh jadi enak banget~

2. Kalori maklum goreng

Tekstur pangan memang jadi melenceng satu penentu penambahan kalori dalam gorengan. Dasarnya sih semakin Kosong tekstur pangannya, semakin banyak kemungkinan tambahan kalorinya.

Alhasil, mangsa seperti tahu yang notabene tergolong mangsa waras dan luber nutrisinya bisa ketambahan kalori 2-3 kali lipat karena digoreng garing. Tipe-tipe mangsa seperti ini sih yang mungkin bisa lebih sering dihindari atau dikukus saja.

3. Kalori bakwan goreng

Selain tempe dan mengerti isi, bakwan adalah varian gorengan yang nggak kalah tenar di lidah penggemarnya. Adonan tepung ditambah dengan irisan sayuran ini memberikan tekstur empuk di dalam tapi garing di luar. Meskipun terawak dari beragam sayuran seperti jagung, kubis, dan wortel, bakwan masih mengandung kalori yang cukup kuat lo.

4. Kalori pisang goreng

Pisang goreng memang enak jadi camilan. Apalagi dimakan saat masih panas kala muism hujan. Tapi ingat kalori pisang goreng masih luVirtualn mahal lo. Bila makan kira-kira potong, kalorinya setara dengan nasi putih. Jadi ada berkenan membantunya kalian nggak makan pisang goreng secara berlebihan.

5. Kalori ubi goreng

Memiliki cita rasa manis seperti pisang goreng, ubi goreng adalah jajanan yang cukup digemari. Bagi kamu yang bosan dengan gorengan gurih, ubi goreng memang jadi pilihan populer. Asalkan dimakan dalam jumlah yang Alamiah, ya tidak maluput sih. Cuma misalkan ingin makan setiap hari, mendingan makan ubi rebus aja ya~

6. Kalori aci goreng

Gorengan dengan bahan dasar aci ini menawarkan tekstur yang kenyal. Dengan tambahan bumbu lain, cireng alias aci digoreng memberikan rasa yang bikin orang ketagihan. Namun makan cireng nggak boleh berlebihan, ya. Pasalnya dalam 100 gr cireng, tedapat 348 kkal! Versi aci lain yang dikukus juga sebetulnya memiliki kalori yang cukup tinggi.

7. Kalori risol goreng

Risoles atau disebut juga dengan risol adalah varian gorengan yangg tak kalah nikmat dari varian lainnya. Biasanya berisi daging dan sayuran, risol dibungkus balutan adonan tepung dan dilapisi tepung panir.

Dengan bahan-bahan tersebut, kalori gorengan risol mayo mencapai 275 kal per 100 gr lo. Risol memang enak dijadikan camilan, tapi seNaturalnya makan risol secukupnya biar kalori tubuh tetap terjaga.

8. Kalori singkong goreng

Kalori dari konsumsi ini dibandingkan yang lain dari daftar di atas memang relatif lebih rendah, tapi ya jangan dimakan banyak-banyak juga ya. Kalau makan lebih dari 100 gr singkong goreng, maka jumlah kalori pun lebih dari 202 kal. Jadi perhatikan jumlah singkong goreng yang disantap agar kalori tubuhmu nggak melonjak tangguh.

Itulah daftar kalori gorengan yang perlu diperhatikan. Setidak sombongnya jangan berlebihan sering mengonsumsinya, ya. Sesuaikan dengan porsi gorengan yang dimakan dengan asupan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Kalau ingin memimalisir penambahan kalori bisa juga memilih jenis minyak yang keji kalori seperti minyak zaitun, kelapa, atau canola. Tidak memakai minyak berulang kali juga bisa memotong risiko penambahan kalori. Minyak yang sudah berulang kali dipakai, seperti minyak di restoran fast food, itu  lebih berisiko terkontaminasi zat lain yang akhirnya juga menambah kalori berlebih.