Menemukan Hobi di Usia 20-an

usia 20-an usia 20-an

Usia 20-an adalah masa pencarian jati diri, pencarian identitas, pengembangan profesional, dan pendewasaan. Namun, di tengah hiruk pikuk usia 20-an, penting juga meluangkan waktu untuk diri sendiri. Mengambil jeda sejenak dan menyadari bahwa masa remaja bukanlah satu-satunya kesempatan yang kita miliki untuk mencoba hal-hal baru.

Hobi merupakan sebuah hal yang penting dalam membantu menjaga kesehatan mental dan diri kita. Hobi adalah aktivitas yang membantu kita untuk rehat sejenak, melakukan refleksi diri, dan melakukan kegiatan hanya untuk kita, untuk kesenangan sendiri.

Jika Anda wanita berusia 20-an, simak daftar hobi di bawah ini. Siapa tahu Anda tertarik untuk mencobanya!

 

  1. Yoga dan Meditasi

Meditasi dan yoga telah terbukti baik untuk pikiran manusia. Luangkan waktu satu jam setiap minggu untuk melakukan yoga selama tiga puluh menit dan bermeditasi selama 30 menit setelahnya.

Yoga dimaksudkan untuk menyatukan pikiran dan tubuh.

 

  1. Membuat Kue

Membuat kue adalah hobi yang cocok untuk wanita berusia 20-an yang memiliki dapur sendiri. Bagi sebagian besar dari kita, waktu di dapur adalah waktu untuk berkreasi dan mencoba hal baru. Dan membuat kue adalah cara sempurna untuk melakukan ini!

Ada begitu banyak jenis kue, seperti kue kering, cake, dan roti. Anda juga bisa berkreasi dengan rasa dan bentuk.

 

  1. Menanam Tanaman Hias

Hobi baru lainnya bagi wanita berusia 20-an adalah mencoba menanam tanaman hias. Berkebun membutuhkan tempat, sementara tanaman hias hanya membutuhkan sedikit ruang. Jika Anda memiliki balkon, membuat taman mini di teras bisa menjadi pilihan. Namun, jika tidak, tanaman pot dalam ruangan adalah hobi yang hanya membutuhkan pengetahuan dasar untuk merawat tanaman agar tetap hidup.

Untuk mendapatkan tanaman hias dengan harga murah, Anda bisa mendatangi pusat penjualan tanaman hias di kota Anda. Selain tanaman, Anda bisa sekalian membeli pot atau wadah pertama Anda, tanah, dan pupuk. Selain itu, merawat tanaman hias juga bisa membantu menghilangkan stres.

 

  1. Membaca

Meski bukan sesuatu yang baru, tetapi membaca adalah hobi yang mungkin akan disukai wanita berusia 20-an. Setelah sepanjang hidup kita dihabiskan untuk membaca--dari makalah, esai, buku, hingga disertasi--sekarang, membaca buku mungkin terdengar tidak menarik.

Tetapi menemukan genre favorit Anda untuk memulai hobi membaca bisa membantu Anda memulai babak baru membaca yang menyenangkan!

 

  1. Vlogging / Blogging

Anda tentu memiliki vlogger dan blog yang telah Anda ikuti selama bertahun-tahun. Anda mengikuti perjalanan mereka dari awal, dan seperti sudah mengenal baik orang di balik konten tersebut.

Tapi pernahkah Anda berpikir untuk memulai blog atau vlog Anda sendiri? Bagi wanita berusia 20-an, ini adalah hobi yang bagus untuk dipertimbangkan. Pertama, kita memiliki platform dan pengetahuan teknologi untuk melakukannya. Dan kedua, kita tahu apa yang menarik untuk ditonton.

Kuncinya adalah mengetahui konten seperti apa yang ingin Anda buat dan untuk siapa Anda membuatnya. Jika Anda sudah yakin dengan keduanya, cobalah memulai vlog atau blog Anda sendiri dan lihat ke mana itu akan membawa Anda.

 

  1. Membuat perhiasan

Menggali sisi artistik di dalam diri Anda mungkin bisa menjadi hal yang cukup sulit, terutama jika Anda seorang wanita berusia 20-an yang bekerja di depan komputer sepanjang hari atau di sebuah perusahaan. Salah satu hobi yang perlu dipertimbangkan untuk mengekspresikan sisi artistik Anda adalah membuat perhiasan.

Membuat perhiasan sendiri tidak hanya membutuhkan pengetahuan tentang manik-manik dan bahannya, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengeluarkan kreativitas seni Anda dalam proses membuat perhiasan. Proses kreatif ini juga memungkinkan Anda mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja otak Anda, yang dapat menjadi pengetahuan terapan yang berguna untuk area lain dalam hidup Anda.

Terakhir, membuat perhiasan adalah hobi yang bisa menghasilkan uang.

 

  1. Menari

Jika Anda tidak pernah menari sebelumnya, mungkin bukan karena Anda tidak mau, tetapi karena Anda tidak pernah memiliki kesempatan untuk melakukannya. Bagi wanita berusia 20-an, inilah kesempatan Anda untuk mencoba menari sebagai hobi, tanpa tekanan untuk performa. Menari hanya untuk kesenangan diri sendiri!

Ada begitu banyak jenis tarian yang bisa Anda pilih, yang semuanya merupakan bentuk latihan dan ekspresi artistik yang bagus. Ada tarian modern atau improvisasi, tari perut, tari tiang, Zumba, dan dansa ballroom, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengunjungi gym atau sanggar tari terdekat yang menawarkan kelas tari. Menari sebagai hobi mungkin merupakan cara bagi Anda untuk mengeluarkan potensi diri sambil menggabungkannya ke dalam rutinitas kebugaran mingguan Anda.

 

  1. Belajar bahasa baru

Sebagai manusia, kita semua adalah pembelajar seumur hidup, tetapi ada sebagian orang yang menikmati proses belajar lebih dari yang lainnya. Bagi Anda wanita berusia 20-an yang menyukai masa-masa belajar di sekolah dan perguruan tinggi dan sekarang sudah lulus, mempelajari bahasa baru mungkin akan mengobati kerinduan Anda akan saat-saat itu.

Ada banyak cara belajar bahasa baru yang bisa Anda terapkan. Ada situs pertukaran bahasa daring yang memungkinkan Anda terhubung dengan penutur asing. Situs seperti ini memberi keuntungan ganda, Anda bisa mempelajari bahasanya sekaligus mendapat kenalan baru secara virtual.

Anda juga bisa mencoba mengunduh aplikasi belajar bahasa melalui ponsel pintar Anda. Salah satu aplikasi yang terkenal adalah Duolingo.

 

  1. Mencoba seni bela diri

Seni bela diri memadukan pertahanan diri dan olahraga dengan tradisi budaya, dan merupakan hobi yang sangat bagus bagi wanita berusia 20-an. Ada empat kategori utama seni bela diri (Jepang, Cina, Korea, dan Brasil) dengan gaya yang berbeda masing-masingnya.

Beberapa seni bela diri yang paling terkenal adalah Karate, Kung Fu, Judo, Jiu-Jitsu, Taekwondo dan Mixed Martial Arts (MMA). Ada sasana yang dikhususkan untuk mengajarkan keterampilan ini yang dapat Anda ikuti.

Seni bela diri adalah salah satu hobi yang dapat membantu Anda mempelajari keterampilan fisik baru ditambah pengetahuan budaya sekaligus meningkatkan tingkat kebugaran.

 

  1. Thrifting

Jika Anda wanita berusia 20-an yang mencari hobi di hari Sabtu yang menggabungkan terapi belanja dengan jalan kaki dan sensasi berburu barang, thrifting cocok untuk Anda!

Perbedaan antara thrifting dan shopping adalah barang di thrift store bukanlah barang baru melainkan barang secondhand, vintage atau antik. Dan bagian yang paling menyenangkan dari thrifting adalah menemukan rumah baru untuk barang-barang lama tersebut.

Biasanya orang yang menyukai thrifting juga menyukai kegiatan daur ulang atau DIY, yang berarti melakukan modifikasi atau pembaruan pada barang yang Anda beli. Hal ini bisa berupa memperbaiki jaket vintage dengan tambalan atau mengecat rak kayu tua untuk dekorasi rumah Anda.

 

  1. Membuat kerajinan tangan

Handicraft atau kerajinan tangan adalah sebutan untuk benda dekoratif yang dibuat dengan tangan. Banyak hasil kerajinan tangan yang membutuhkan keterampilan tangan yang rumit. Beberapa contoh dari hobi ini adalah menjahit, menyulam, melapis furnitur, merajut, merenda, mendaur ulang pakaian, membuat kain kempa, menjahit, dan lainnya.

Kerajinan tangan adalah hobi yang sempurna untuk wanita berusia 20-an yang mencari hobi yang tidak memakan banyak tempat dan dapat dilakukan kapan saja jika ada waktu senggang. Anda juga bisa bertemu dengan banyak orang yang memiliki hobi yang sama melalui grup daring yang dapat Anda ikuti sembari meningkatkan keahlian Anda.

Selain itu, Anda tidak akan pernah kehabisan inspirasi, karena jika Anda mencari tagar #crochet atau #knitting di TikTok atau Instagram, Anda akan menemukan banyak orang yang bersedia membagikan ilmu mereka di sana.

 

  1. Membuat podcast

Seperti halnya memulai vlog atau blog, pernahkah Anda berpikir untuk memulai podcast Anda sendiri? Jika Anda mencari hobi yang mendorong untuk melakukan penelitian, menulis, terlibat dengan para pemikir dan influencer di bidang yang Anda sukai, ini adalah jawabannya.

Tergantung topik dan co-host atau teman yang mungkin tertarik untuk bergabung dengan Anda, Anda mungkin harus merencanakan beberapa episode konten sebelum memulai. Podcast adalah platform yang tepat untuk menyampaikan buah pikiran Anda dan membangun audiens seputar topik yang dibagikan.

Jadi, apa passion Anda? Saat ini, YouTube layaknya mendedikasikan diri untuk mengajar pemula secara gratis. Jika tekun dan rutin berlatih, Anda bisa menjadi apapun yang Anda mau secara otodidak dalam waktu yang relatif singkat.